Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Sabtu, 12 Mei 2012

Domain





Pengertian Domain

* Domain adalah Daerah Kontrol atau Lingkup pengetahuan, atau juga bisa di artikan sebagai sebuah lingkup pengetahuan yang di identifikasi oleh nama. (TechTarget)

* Domain adalah sekelompok jaringan komputer yang berbagi alamat komunikasi umum (TheFreeDictionary)

* Domain adalah Sebuah subset dari Internet dengan adanya alamat yang dibagikan dibawah kendali dari suatu organisasi tertentu atau individu

* Domain adalah nama unik yang diberikan untuk menidentifikasi nama server komputer seperti webserver atau email server di jaringan komputer. Biasanya disebut dengan URL atau Alamat Web (Wikipedia)

Menurut saya sendiri adalah suata identifikasi khusus dari nama suatu server untuk memudahkan pengguna atau user melakukan akses ke server tersebut. Mudahnya dalam analogi sederhana Domain sebagai Nomer Telpon Selular sedangkan Hosting sebagai Telpon Selular itu sendiri, yang tidak bisa hanya ada Domain saja, yang kedua-duanya saling membutuhkan tidak bisa berdiri sendiri.

Sedangakan untuk akhiran huruf-huruf terakhir dalam domain (Seperti [dot]com, [dot]us, dll ) dimasukan kedalam Ranah Internet Tingkat Teratas (Top Level Internet Domain - TLD). Lembaga Penamaan Internet Dunia atau Internet Assigned Number Authority (IANA) membagi TLD ke dalam 3 (Tiga Jenis):

1. country code Top-Level Domains (ccTLD)
Seperti namanya ccTLD digunakan untuk penamaan atau code sebuah negara yang terdiri dari 2 Huruf (Contoh: Indonesia = [dot]id, Amerika =  [dot]us, dll)

2. generic Top-Level Domains (gTLD)
gTLD digunakan untuk nama macam-macam organisasi. Domain generic ini terdiri atas 3 Huruf atau Lebih. (Contoh: [dot]com untuk dibidang komersial, [dot]biz untuk dibidang bisnis, [dot]name untuk individual, dll)

3. infrastructure Top-Level Domains (iTLD)
Digunakan hanya pada waktu adanya domain, yang digunakan hanya sementara untuke membantu dalam transisi atua konversi dari host ARPANET yang tradisional ke sebuan nama domain. Namun setelah itu kemudian datanglah teknologi DNS LookUp yang secara ekslusif untuk Infrastructure Internet seperti in-addr[dot]arpa untuk IPv4 dan ip6[dot]arpa untuk IPv6.

Berikut juga terdapat nama TLD lokal untuk Indonesia :
[dot]co[dot]id: Komersial

[dot]web[dot]id: Individual
[dot]ac[dot]id: Akedemik
[dot]sch[dot]id: Sekolah

[dot]go[dot]id : Organisasi Pemerintan Indonesia
[dot]mil[dot]id: Militer Indonesia.


















0 Comments:

Posting Komentar